TI-37-06

Senin, 15 Desember 2014

Software CATIA dan Pemanfaatannya dalam Ergonomi

by Fariz Nurrahman
     1102130113


CATIA

Perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang mau tidak mau akan kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari baik itu langsung maupun tidak langsung. Teknologi komputer adalah salah satu yang paling pesat perkembangannya di abad ke-21 ini, tak terkecuali softwarenya. Nah, di blog ini akan dibahas mengenai salah satu software rakitan Dassault, yaitu Dassault CATIA.

Software ini hampir mirip dengan software CAD untuk product design lainnya yang dipelajari mahasiswa Teknik Industri Universitas Telkom, Solidworks. Hanya saja, pada Solidworks user hanya terpaku pada bagaimana membuat desain produk tersebut sebaik mungkin, sedangkan pada CATIA user bisa mencari tahu hubungan dari produk dengan manusianya. 

Gambar : Contoh hasil desain CATIA

RULA Analysis dengan CATIA

Sama halnya dengan Solidworks, user diharuskan mendesain suatu produk sebaik dan serealistis mungkin agar analisis hubungan dengan manusia bisa dilakukan dengan baik. Ketika produk telah selesai didesain, inilah yang membuat CATIA unik. User dapat menginput manikin dewasa (prototipe manusia) ke dalam hasil desain yang telah jadi. User dapat memilih ras dan gender dari manikin tersebut sesuai kebutuhan. Setelah user menginput manikin, user merubah motion/posture dari manikin tersebut agar dapat terlihat sedang menggunakan produk yang telah didesain. 

Setelah selesai menginput dan mengedit posture manikin, disinilah fungsi ergonomi dari CATIA beraksi. Kita dapat menganalisis kelayakan posture manikin menggunakan RULA Analysis yang telah disediakan CATIA yang dilihat dari sudut yang dibentuk si manikin! Hanya dengan sekali klik, kita langsung tahu tiap score yang mewakili tiap bagian tubuh si manikin, dan untuk perhitungan RULA-nya tinggal serahkan kepada software khusus RULA. Jadi, bisa dilihat bahwa kemajuan software sangat membantu manusia khususnya kami para mahasiswa Teknik Industri yang keilmuannya tidak jauh dari optimalisasi sistem. 

Thanks for reading!

Gambar: Hasil RULA Analysis oleh CATIA.

6 komentar:

  1. mbk/mas bisa minta tutorianya sama software rula nggak please ?
    #120421100033.ti@gmail.com

    BalasHapus
  2. Maaf mbak/mas saya mau juga modul tutorial sama catianya boleh? gina.fairuz@gmail.com, makasih

    BalasHapus
  3. Maaf mbak/mas saya juga jurusan tek industry. Boleh kirim tutorial sama catiany? Rendimuhamadgumelar@gmail.com

    BalasHapus
  4. Maaf mbak/mas saya juga jurusan tek industry. Boleh kirim tutorial sama catiany? Rendimuhamadgumelar@gmail.com

    BalasHapus
  5. Maaf mba/ mas boleh minta tutorial catianya soalnya saya buat sekripsi terimakasih sebelumnya, robbykhoerudin4@gmail.com

    BalasHapus
  6. Maaf mba/ mas boleh minta tutorial catianya soalnya saya buat sekripsi terimakasih sebelumnya, robbykhoerudin4@gmail.com

    BalasHapus