TI-37-06

Jumat, 19 Desember 2014

4 kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mendesain sebuah website (website usability)

Nama: Azam Fathurahman
Kelas: TI-37-06
NIM: 1102130111

4 kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mendesain sebuah website

1.       Mesin pencari website
Memasukan mesin pencari website memang bagus dalam mendesain sebuah website. Namun ketika mesin pencari website hanya mencari hanya apa yang ada di dalam website tentu itu adalah ide yang kurang baik. salah satu ekspektasi dari pengguna ketika menggunakan mesin pencari adalah ketika pengguna memasukan kata kunci di mesin pencari website, mereka berharap mendapatkan alternatif pencarian. Inilah yang terkadang jarang ada dalam sebuah website. Mesin pencari website hanya terpaku pada apa yang ada dalam sebuah website, itupun kalau pengguna memasukan kata kunci yang salah maka pencarian tidak dapat ditemukan. Padahal poin penting disini adalah pengguna mengharapkan sebuah mesin pencari website yang dapat memberikan alternatif pencarian jika kata kunci yang dimasukan tidak sesuai dengan kata kunci manapun di dalam website.

2.       Judul halaman yang susah dicari
Mesin pencari adalah cara yang paling penting ketika pengguna ingin menemukan sebuah website. Judul halaman yang umum adalah alat utama Anda untuk menarik pengunjung baru dari daftar pencarian dan untuk membantu pengguna yang ada untuk menemukan halaman tertentu yang mereka butuhkan. Ketika mendesain sebuah website, seharusnya memasukan judul halaman yang mudah dicari agar ketika pengguna memasukan kata kunci pada sebuah mesin pencari(misal: google), maka pengguna dapat dengan mudah menemukan website yang anda buat.


3.       Memasukan terlalu banyak iklan dalam website
Memasukan iklan memang boleh-boleh saja dalam mendesain sebuah website. Namun ketika iklan yang ada dalam sebuah website sudah terlalu banyak maka ini akan mengganggu pengguna ketika memakai sebuah website. Salah satu faktor yang membuat pengguna merasa jengkel menggunakan sebuah website adalah ketika pengguna meng-klik link tertentu maka akan muncul iklan pada web browser baru. Maka sudah seharusnya hal ini dihilangkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam memakai website.


4.       Desain website yang benar-benar baru

Desain website yang baru memang akan meningkatkan kepuasan pengguna dalam memakai website. Namun jika desain website benar-benar baru sampai membuat pengguna bingung dalam menggunakan wesite tersebut maka hal itu dalam mengurangi “nilai” suatu website. Ada baiknya jika desain yang digunakan memang desain yang umum dalam website agar pengguna tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan website tersebut. Kreatifitas memang perlu dalam mendesain sebuah website, tapi jangan terlau berlebihan juga yaa.. karena bisa jadi akan membuat website yang anda buat terasa sulit untuk digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar