TI-37-06

Jumat, 19 Desember 2014

Beberapa Hal Unik Penerapan Antropometri dan Ergonomi


Nama : Naufal Fahrudin
Kelas : TI-37-06
Nim : 1102130127
Halo barudak ..
Pada kesempatan kali ini saya Naufal Fahrudin tidak akan membahas sesuatu yang terlalu formal tentang hal hal yang berkaitan tentang APK&E , mengapa ?? hmm... ya karena pasti sudah banyak bahasan-bahasan yang menerangkan tentang pengertian pengertian dari misalkan apa itu antropometri , apa itu ergonomi , apa itu usabillity dan sebagainya . Oke barudak , pada kesempatan kali ini saya  akan membahas sesuatu yang mungkin berbeda dari teman teman saya yang lain yang sudah mem-posting artikel mereka di blog ini, dan hal yang akan saya bahas adalah mari kita amati benda benda yang ada di sekeliling kita dari segi APK&E ..seperti dari segi ergonomi nya , antropometrinya dan sebagainya ... LET'S START GUYS !!!

1. Ruangan Tidur Kapsul

Apa yang pertama kali ada difikiran kalian apabila melihat gambar di atas ? kalo saya pribadi sih kagum... kagum kenapa ? karena biasa nya ruangan tidur yang biasanya besar dan terdapat banyak barang disulap menjadi ruangan tidur sederhana tapi dengan kenyamanan super baik didalamnya . Mustahil apabila ruangan seperti diatas itu dibuat asal nyaman dan asal penempatan penempatan fasilitas seperti TV dan Control Panelnya . Tanpa kita sadari pembuatan benda seperti  diatas sangat di perlukan data antropometri yang baik , misalkan apabila TV tersebut di letakan disembarang tempat , maka akan membuat orang yang menempati nya bisa mengalami gangguan tulang leher karena bisa terus menerus dalam jangka waktu lama menonton suatu acara , lalu apabila tinggi kapsul,lebar kapsul, dab panjang tempat tidur itu dibuat asal maka bisa sangat memungkinkan si pengguna nya tidak dapat masuk ke dalam karena kekecilan . Kita bisa lihat , untuk data data antropometri seperti tinggu kapsul, lebar kapsul dan panjang tempat tidur kita bisa menggunakan persentil maksimum, karena dengan persentil maksimum tersebut bisa membuat orang dengan ukuran yang besar pun dapat memasuki dan menikmati kapsul tidur tersebut... menganggumkan bukan ? 
Itulah sedikit penerapan APK&E untuk Ruangan Kapsul Tidur ini.

2. Alat Santai Penopang Kaki

 Yup... mungkin kalian aneh , apasih guna dari hanya segulung tali dan dimana penerapan APK&E nya ? hehe..

Ya.., Inilah alat penopang kakii ..biar lebih jelas lihat gambar dibawahh ini dehh...hehe

Nahh..., Sekarang udah tau kan gunanya apa ? hehe.. ya alat penopang kaki saat santai .. mungkin kalo dilihat sekilas simpel sih hanya berbentuk sebuah tali yang berdiameter dan sedikit elastis ..
tapi itulah yang mengagumkan , dari hal simpel seperti ini kita bisa mendapatkan sesuatu yang berguna , bayangkan saja bila kita menahan duduk seperti pria di atas .. tapi tanpa tali penopang itu ? (biasanya cowo saat dengerin khotbah jum'at tuh hehe) , pasti bisa merasakan pegal di punggung dan tangan kan ? serta bisa mengalami hal yang berpengaruh pada tulang apabila dilakukan terus menerus .. maka dengan alat ini kita bisa dengan santai mendapatkan posisi nikmat yang membuat kita bisa menikmati lingkungan sekitar... bahkan sambil makan seperti dibawah ini ...hehe


Nah loh ? Lalu dimana penggunaan APK&E nya ..? nah penggunaan APK&E nya itu terletak pada data berapa panjang tali yang digunakan sehingga bisa mendapatkan diameter yang bisa dipakai oleh banyak orang . Pada Alat ini saya memprediksi bahwa data yang digunakan untuk panjang tali itu menggunakan persentil Rata - Rata .. karena dengan menggunakan persentil tersebut membuat orang yang memiliki lingkar tubuh besar maupun kecil bisa dengan nyaman menggunakan alat ini... TERBAIK bukan ?... hehe..

Untuk kali ini sekian bahasan mengenai APK&E yang bisa saya sajikan .. semoga menambah pengetahuan anda....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar