TI-37-06

Kamis, 18 Desember 2014

PEDOMAN UNTUK MERANCANGAN TUGAS MENGANGKUT SECARA MANUAL

Nama : Dhiana Pratiwi
NIM   : 1102134355
materi di dapat dari resume: Kodak's Ergonomic Design For People at Work chapter 7
Tugas mengangkut adalah sebagian dari banyak pekerjaan, sementara itu nomor beban mengangkut dari pengangkutan perregu masih rendah.  Seringkali, pengangkutan ini membutuhkan perubahan penyediaan rol, menyediakan perlengkapan atau kebutuhan untuk produksi, melakukan maintenance atau mesin bermuatan dan tidak bermuatan dalam siklus panjang operasi kerja mental seperti kerja yang terlambat. Pada bagian ini, memberikan pedoman untuk menrancangan tugas mengangkut harus terakomodasi dengan kapasitas yang besar atau luas dari potensi kerja. Dasar materi ini berasal dari dokumentasi 1981 dan 1991 NIOSH pedoman untuk beban manual (NIOSH 1981,1994;Waters et al. 1993), saat selesai belajar di industri atau universitas, dan saat observasi dan membuat pengukuran ladang (Ciriello 2001; Ciriello dan Snook 1983; Ciriello, Snook, dan Hughes 1993: Eastmen Kodak Company 1986; Mital, Nicholson, dan Ayoub 1997; Rodgers 1976, 1997; Snook dan Ciriello 1991). Tabel kebebasan timbal balik dapat diterimanya pengangkutan dan membawa beban dan rumus NIOSH dari tahun 1991 asli perubahan dari tahun 1981 Pedoman untuk Pengangkutan Manual ditemukan pada Metode Kuantitatif“ pada Bab 2. Pemberian pedoman pada bagian ini diasumsikan mengerti kondisi dan perjalanan dari bekerja bahwa mungkin tidak dihadirkan disetiap pekerjaan. Konsekuensi, ini penting untuk mengevaluasi setelah melakukan tugas mengangkut atau untuk melihat rancangan jika bertemu dugaan ini. Mereka adalah (NIOSH 1994):
·           Kedua tangan mengangkut saat posisi berdiri (bukan satu tangan mengangkut atau duduk atau posisi berlutut)
·           8 jam atau kurang perhari (untuk mengangkut berulang-ulang)
·           Kompak dan muatan stabil
·           Ruang kerja cukup
·           Suhu lingkungan (70oF ± 10o)
·           Mengangkut dan menurunkan, tidak mendorong, menarik, membawa, menyekop, atau mendorong kereta beroda satu.
·           Kecepatan dari mengangkut rendah atau sedang, bukan : 30 in./detik
·           Koefisien lantai bagus atau friksi (≥ 0.4),
Tahun 1991 pedoman didirikan untuk meberikan keamanan dalam kondisi mengangkut untuk kebanyakan pekerja.
Beberapa faktor agar beban dapat diterima untuk mengangkut
Ukuran dari Objek yang diangkut : Rancangan Kotak
Jumlah banyak beban yang aman untuk di angkut tergantung pada banyak faktor, termasuk konfigurasi dan ukuran dari muatan dan seberapa mudah untuk di genggam dan di pindahkan. Berat muatan berpengaruh dan dapat terjadi dengan genggaman stabil secara keseluruhan itu mungkin memudahkan dalam mengirim  untuk banyak orang.
RANCANGAN BAKI  Ikuti pedoman untuk perancangan baki yang akan mempengaruhi berapa banyak berat yang dapat ditangani kontainer jenis ini (Gambar 7.1):
·         Menentukan lebar baki jarak horizontal dari tengah massa muatan ke belakang lumbar. Tekanan biomekanika pada penyimpanan lumbar adalah peningkatan yang signifikan seperti muatan yang berpindah dari tubuh pada bidang horizontal (Chaffin 1988; Grag and Chaffin 1975). Lebar baki menaruh tekanan tinggi pada tulang belakang dan cenderung untuk bergeser muatan ke bahu, tangan, dan pergelangan tangan dari kekuatan otot lengan. Lebarnya 36 cm (14 in) atau lebih sedikit direkomendasi untuk baki dengan  tangan memegang dan tidak harus melebihi 51 cm (20 in) jika baki di tangani sendiri. “Biomekanika” pada Bab 2 termasuk lebih mendiskusikan dampak dari peningkatan jarak horizontal pada punggung yang rendah (membungkuk).
·         Panjang baki mempengaruhi kelompok otot mengambil muatan ketika ditangani secara manual. Umumnya, baki lebih dari 48 cm (19 in.) pada panjang tidak dapat di pegang tanpa menculik bahu. Ketika bahu diculik, berat baki lebih jatuh pada otot bahu, yang mana kurang dari separuh sekuat otot lengan tangan yang bagian atas. Rekomdasi panjang baki adalah 48 cm (19 in.) atau lebih sedikit, dengan batas atas 61 cm (24 in.) untuk tugas ditangani secara manual.
·         Kedalaman baki sering ditentukan oleh volum bagian, produk, atau keinginan penyediaan pada proses produksi atau kelebihan waktu periode yang diberikan, seperti 1 jam. Bagian baki sering lebih sedikit dari 15 cm (16 in.) kedalaman karena bagian tidak ditumpuk, tetapi membawa baki dan sisa baki dapat sangat dalam dan menghadirkan kesulitan tugas penanganan untuk banyak pekerja. Jadi usulan kedalaman baki menjadi 13 cm (5 in.) atau lebih sedikit jika baki di tangani secara manual.


20141207_113630.jpg 








            Gambar 7.1 Rekomendasi dimensi maksimal pada baki

·         Lepasnya bagian atau material pada baki bisa bergeser dan mengakibatkan beban tidak samarata antar tangan.

20141207_113650.jpg
Gambar 7.2 Contoh pegangan pada baki

·         Penanganan rancangan atau genggaman tangan dapat membuat perbedaan luas dapat diterima beban terhadap muatan baki. Karena lokasi pada pengaruh mengangkat  yang mana menangani rancangan terbaik untuk baki, dimensi untuk pemotongan dan penggambaran untuk menarik baki adalah di bawah 102 cm (40 in.) terdapat di dalam sepanjang Gambar 7.3. dimensi tarikan untuk bagian atau komponen dari peralatan diberikan pada gambar 7.4.
·         Pegangan baki harus di posisikan di tengah sehingga pusat massa baki yang terisi adalah dekat dengan titik dimana baki didukung jari dan tangan. Studi kasus dari posisi tangkai yaitu sudut 30o – 45o (akhir lebih tinggi ke arah handler) yang lebih disukai untuk cakupan utuh pada mengangkut tingginya (Wang, Chung, and Chen 2000).
20141207_113712.jpg
Gambar 7.3 Rekomendasi dimensi untuk peganganpada baki


20141207_113724.jpg
Gambar 7.4 Rekomendasi dimensi untuk menangani komponen peralatan

Ketika dimensi baki harus mampu untuk dikontrol dengan rancangan ergonomi untuk banyak operasi, ada 3 waktu ketika paket atau kontainer lebih besar diperlukan untuk mengakomodasi ukuran bagian atau produk yang dibuat.

Jenis Genggaman Yang Digunakan
NIOSH 1991 petunjuk manual pengangkatan meliputi suatu menggabungkan faktor, yang berhubungan dengan seberapa baik obyek dapat ditangani perpindahannya. Kategorinya adalah baik, cukup, dan lemah dan mendeskripsikan terminologi dari kestabilan genggaman, jenis genggaman (Jacobsen dan Sperling 1976), genggaman jengkal, kekuatan tiap unit area pada tangan atau jari, dan distribusi pada muatan di tangan. Umumnya beberapa pedoman agar genggaman jengkal dapat diterima sudah diberikan pada “Untuk Siapa Kita Merancang ?” pada bab 1. Petunjuk tambahan di ringkas di bawah :
·         Penjepit kuat genggaman hanya sekitar 20% sampai 25% dari tenaga genggaman kuat; jadi muatan dapat diterima sekitar 3.5 – 4.5 kg (8-10 lb.) ketika penjepit genggaman telah digunakan (Rodgers 1987).
·         Kekuatan tenaga genggaman menurun pada jengkal kurang dari 5 cm (2 in.) dan lebih dari 8 cm (3 in.). Jika genggaman berupa silinder, nilai terbesar dan terendah dimana kekuatan genggaman menurun 3-4.5 cm (1.25 dan 1.75 in.).  beban diterima untuk item dikontrol dengan tenaga genggaman sekitar 9 kg (20 lb.) jika luas atau sangat membatasi jengkal bahkan optimal mengangkat penempatan.
·         Jika genggaman digunakan hasil yang ekstrim penjuru/sudut pergelangan tangan diperlukan sepanjang mengangkat, berat akan diterima 25-60% (Rodgers 1987).
Faktor Lingkungan
Tubuh mempertahankan suhu tubuh yang pertama dan memerlukan sampai 60% tentang keluaran yang berhubungan dengan jantung bahwa dalam suhu lingkungan di atas 35oC (95oF). Beberapa dampak lain pada faktor lingkungan yang aman menangani seperti di bawah ini.
KEDUDUKAN STABIL  Ini sangat penting pada tugas penanganan manual, terutama tugas mendorong dan menarik. suatu lantai licin atau permukaan tidak seimbang dapat mengurangi kakas efektif yang dipancarkan ke suatu handcart atau potongan dari peralatan gesit. tergelincir dan jatuh peristiwa selama penanganan tugas telah dihubungkan untuk memberi minyak di atas lantai. Perlakukan pada lantai itu untuk mengurangi terjadinya tergelincir.  

GENGGAMAN STABIL  Sarung tangan khusus dengan karet memberi titik pada atas permukaan telah dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas genggaman pada atas permukaan yang licin. Sarung tangan merancang dirinya sendiri, bagaimanapun, boleh benar-benar berkurang kekuatan tenaga genggaman, terutama jika tangan harus melakukan kerja untuk mengubah bentuk sarung tangan itu atau jika tegangan ke seberang punggung tangan adalah tinggi. Hilangnya kekuatan genggaman terbentang dari sekitar 20% dengan sarung tangan kapas 40% dengan panas sarung tangan bersifat menentang ( Rodgers 1987).

MUATAN STABIL  Ini diasumsikan NIOSH 1991 petunjuk mengangkat manual, walaupun ada banyak dua menyampaikan tugas pengangkatan melakukan dimana beban sedang bergeser atau beban obyek tidaklah simetris dibagi-bagikan. beban bisa diterima dikurangi ketika beban tidaklah stabil.




Petunjuk Merancang Sekali-Kali Mengangkat
Petunjuk NIOSH Untuk Merancang Sekali-Kali Mengangkat
Persamaan untuk menentukan beban yang direkomendasikan untuk diangkat seorang pekerja dalam kondisi tertentu :
RWL = LC x HM x VM x DM x AM x FM x CM
Keterangan:
LC : (Lifting Constanta) konstanta pembebanan
HM : (Horizontal Multiplier) faktor pengali horizontal
VM : (Vertical Multiplier) faktor pengali vertikal
VM untuk orang Indonesia
DM : (Distance Multiplier) faktor pengali perpindahan
AM : (Asymentric Multiplier) faktor pengali asimentrik
FM : (Frequency Multiplier) faktor pengali frekuensi
CM : (Coupling Multiplier) faktor pengali kopling (handle)
Persen Dari Populasi yang Mengetahui Penempatan Mengangkat Didasarkan Dapat Diterima pada Lokasi Dan Beban
Jika kurang dari 50 persen populasi di temukan dapat diterima bisa mengangkat, ini merupakan suatu masalah pekerjaan sebab yang menghadirkan sekitar 75 persen wanita-wanita dan 25 orang-orang yang berhadapan dengan resiko untuk kerugian pekerjaan terlalu keras. jika dari 50 sampai 75 persen akan ditemukannya pelatihan awal baik bisa diterima, kebugaran pekerjaan, dan suatu pengenalan dinilai kepada tugas yang pada awalnya perlu mengurangi resiko dari kerugian tugas itu. Jika kurang dari 5 persen populasi ditingkatkan. dari 5 persen sampai 50 persen kemampuan menerima persen, beberapa tindakan harus diambil untuk membuat pekerjaan itu yang lebih bisa diterima, ini boleh melibatkan membantu alat, semiautomation, dan / atau mengubah pola alir material itu.
Frekuensi mengangkat juga menarik perhatian ketika mempelajari menangani perkakas yang manual. ketika mengangkat hanya sedikit dan frekuensi mengangkat adalah lebih sedikit 1 menit, kelelahan otot lokal tidaklah nampaknya akan menyajikan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar