TI-37-06

Kamis, 18 Desember 2014

Aplikasi Data Antropometri



Nama : Alfiska Reva Supena
Nim : 1102130123
Kelas : TI - 37 - 06


 
Antropometri (dari Bahasa Yunani άνθρωπος yang berati manusia and μέτρον yang berarti mengukur, secara harfiah berarti "pengukuran manusia"), dalam antropologi fisik merujuk pada pengukuran individu manusia untuk mengetahui variasi fisik manusia. Ilmu ini berbicara tentang pengukuran ukuran tubuh manusia, karenanya ilmu ini mengandung tentang ukuran  - ukuran tubuh manusia dimana ukuran tersebut dianggap penting untuk pembuatan suatu benda/objek yang akan digunakan oleh manusia.

Pada masa kini ilmu tersebut sudah diaplikasikan diberbagai macam bidang. Ilmu tersebut digunakan sebagai patokan ukuran – ukuran benda yang memacu pada ukuran tubuh manusia guna membuat manusia yang menggunakan benda/produk tersebut merasa nyaman.

Contoh pengaplikasian data antropometri untuk pembuatan suatu produk adalah ukuran dari meja belajar berserta lemarinya ukuran dari produk tersebut diambil dari data antopometri yang sudah didapat, sehingga membuat pemakainya merasa nyaman saat menggunakan produk tersebut. Data yang dipakai pada pembuatan meja dan lemari belajar  adalah sebagai berikut :


Jenis Data
Fungsi Data
2 kali lebar siku ke siku
Lebar  papan untuk tempat belajar
tinggi bahu berdiri
Tinggi lemari besar
tinggi pinggang berdiri
Tinggi papan tempat belajar
panjang lengan bawah
Tempat pegangan laci bawah
Pangkal ke tangan
Kedalaman laci
lebar jari 2,3,4, dan 5
Pegangan laci
panjang kaki
Papan pijakan bawah
Jangkauan tangan ke depan
Lebar meja belajar

Persentil yang digunakan adalah persentil 50 yang merupakan ukuran rata-rata dari data antopometri.

Contoh lainnya adalah penggunaan data antopometri pada pembuatan pintu, berikut adalah data antopometri yang digunakan untuk pembuatan pintu :


Jenis Data
Fungsi Data
tinggi badan tegak
Tinggi pintu
lebar bahu
Lebar pintu
lebar telapak tangan
Panjang pegangan pintu
panjang telapak tangan
Diameter pegangan pintu

Persentil yang digunakan untuk tinggi bada tegak dan lebar bahu adalah persentil 95, agar orang dengan ukuran badan yang besar tetap bisa melewati pintu tersebut. Sedangkan lebar dan panjang telapak tangan menggunakan persentil 50, agar semua orang bisa memegang gagang pintu tersebut dengan nyaman.

Dan masih banyak lagi aplikasi dari data antropometri yang digunakan untuk pembuatan suatu produk, contohnya : pembuatan helm, alat –alat dapur, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar