TI-37-06

Sabtu, 13 Desember 2014

Pokayoke

Nama : Vinia Delia
Nim   :  1102130125
Kelas :  TI-37-06

Pokayoke

Poka-yoke (ポ カ ヨ ケ?) [Poka yoke] berasal dari bahasa Jepang yang artinya Mistake Proofing atau Error Proofing. Yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai Anti Salah. Poka diterjemahkan sebagai Kesalahan, dan Yoke (Yokeru) sebagai mencegah. Tujuannya adalah mencegah atau menarik perhatian orang saat kesalahan terjadi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan cacat produk dengan mencegah, memperbaiki, atau menarik perhatian kesalahan manusia yang terjadi. Konsep diresmikan, dan istilah yang dianut, oleh Shigeo Shingo sebagai bagian dari Toyota Production System. Ini pada awalnya digambarkan sebagai baka-yoke, tapi karena ini berarti "anti bodoh" sehingga namanya diubah menjadi lebih sopan yaitu poka-yoke.

Lebih luas lagi, istilah ini dapat merujuk pada setiap kendala perilaku-membentuk dirancang ke dalam proses untuk mencegah kesalahan operasi oleh pengguna. Demikian pula, kendala yang merupakan bagian dari produk (atau jasa) desain dianggap Desain untuk manufakturabilitas atau Desain untuk X.

  • Mengapa Pokayoke penting?

Tujuan dari Poka Yoke adalah untuk mencegah terjadinya defect. Prinsip anti salah ini akan mencegah terjadinya defect yang artinya menghemat biaya operational perusahaan, membuat kualitas produk selalu pada kondisi terbaik, dan membuat output dari proses menjadi predictable.
  • Implementasi pokayoke pada manufakturing


Poka-yoke dapat diterapkan pada setiap langkah dari proses manufaktur di mana sesuatu bisa salah atau kesalahan dapat dibuat. Sebagai contoh, jig yang memegang potongan untuk pengolahan dapat dimodifikasi untuk hanya memungkinkan potongan yang akan diadakan di orientasi yang benar, atau counter digital dapat melacak jumlah lasan tempat di masing-masing bagian untuk memastikan bahwa pekerja mengeksekusi nomor yang benar lasan. Contoh lain paling sederhana dari Poka Yoke adalah colokan USB flash disk yang memiliki guide pin sehingga orang tidak mungkin terbalik arah mencoloknya karena sudah ada guide pin yang mencegah terjadinya mencolok terbalik.

Shigeo Shingo diakui tiga jenis poka-yoke untuk mendeteksi dan mencegah kesalahan dalam sistem produksi massal:


  1. Metode kontak mengidentifikasi cacat produk dengan menguji bentuk produk, ukuran, warna, atau atribut fisik lainnya.
  2. Nilai tetap (konstan atau nomor) metode peringatan operator jika sejumlah gerakan tidak dibuat.
  3. Gerak-langkah (atau urutan) metode menentukan apakah langkah-langkah yang ditentukan dari proses telah diikuti.

Entah operator disiagakan ketika kesalahan akan segera dibuat, atau perangkat poka-yoke benar-benar mencegah kesalahan dari yang dibuat. Dalam leksikon Shingo itu, mantan pelaksanaan akan disebut peringatan poka-yoke, sedangkan yang kedua akan disebut sebagai kontrol poka-yoke.

Shingo berpendapat bahwa kesalahan tidak dapat dihindari dalam proses manufaktur, tetapi jika poka-belenggu yang tepat diimplementasikan, maka kesalahan bisa ditangkap dengan cepat dan dicegah sehingga cacat. Dengan menghilangkan cacat pada sumbernya, biaya kesalahan dalam perusahaan berkurang.

Pendekatan methodic untuk membangun Poka-Yoke penanggulangan telah diusulkan oleh Solving Soal Terapan (APS) metodologi, yang terdiri dari analisis 3-langkah risiko harus dikelola:


  1. identifikasi kebutuhan
  2. identifikasi kemungkinan kesalahan
  3. pengelolaan kesalahan sebelum memuaskan kebutuhan


Pendekatan ini dapat digunakan untuk menekankan aspek teknis untuk menemukan solusi yang efektif selama sesi curah pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar