TI-37-06

Sabtu, 13 Desember 2014

Ilmu Ergonomi dan Contohnya

Nama : Riesti Rachmah Dhani
Nim    : 1102134350

Ergonomi adalah ilmu tentang keterkaitan antara manusia dan pekerjaanya. Manusia merupakan unsur pertama yang diperhatikan dari ilmu ergonomi dengan melihat kemampuan nya dalam bekerja. Tujuan ergonomi yaitu untuk membuat adanya keserasian antara manusia dan pekerjaan nya sehingga manusia dapat dengan nyaman melakukan aktivitas kerja. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan metode yaitu menganalisis hubungan fisik manusia dengan alat kerja yang digunakan. Dari metode yang telah dilakukan maka ketidaknyamanan dalam bekerja akan berkurang. Dengan demikian ergonomi berguna sebagai media pencegahan terhadap kelelahan kerja sedini mungkin sebelum berakibat kronis dan fatal.
Salah satu contoh dari ilmu ergonomi adalah posisi yang baik dan benar dalam menggunakan komputer. Pekerjaan yang menggunakan komputer sebagai alat kerja perlu diperhatikan keergonomisan nya dari posisi duduk yang baik dan benar, terlebih jika pekerja menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah posisi-posisi duduk yang baik dan benar saat menggunakan komputer.
  1. Posisi paha Anda sebaiknya horizontal sejajar dengan lantai tempat Anda bekerja
  2. Telapak kaki menapak ke lantai.
  3. Bantalan dari kursi dapat menopang punggung Anda yang bawah, sehingga punggung dapat tetap tegak
  4. Jangan menggunakan posisi duduk yang sama jika bekerja cukup lama, ubahlah posisi duduk Anda sesekali
  5. Jangan membungkuk, rileks dan nikmati duduk yang santai
  6. Kepala tidak terlalu condong ke depan, tegak.
Dengan menerapkan sikap atau posisi duduk yang baik saat menggunakan komputer maka tingkat kelelahan kerja sedini mungkin akan berkurang dan tidak terjadi akibat fatal seperti cidera pinggang dan punggung yang mengakibatkan pekerja tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.

Referensi         :  http://hamidah97.blogdetik.com/?p=259

                            http://www.academia.edu/5481347/ERGONOMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar