TI-37-06

Jumat, 19 Desember 2014

PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA


oleh :
bony santika
1102134348
ti 37-06


tahukah anda tentang PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA?

Dalam melakukan proses produksi, sering terjadi kecelakaan kerja baik cedera ringan maupun berat dan operator sering mengeluh lelah dan nyeri. Hal ini akan menyebabkan kerugian pada perusahaan. 

MAKA ADA BEBERAPA CARA MEMILIH PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA SBB :

  • desain ergonomis

Sebuah desain produk ergonomis adalah desain yang memenuhi antropometri, fisiologi, biomekanik, dan aspek sensorik bagi orang-orang yang menggunakan sistem kerja atau dekat sistem kerja


Ergonomis berarti bahwa sistem yang kompatibel dengan baik aspek fisik dan mental manusia  rancangan manusia yang berpusat


  • IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELANGGAN
LIMA LANGKAH UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELANGGAN ADALAH:

1. KUMPUL RAW DATA NASABAH.

2. menafsirkan data RAW DALAM HAL KEBUTUHAN PELANGGAN.

3. BERORGANISASI KEBUTUHAN MENJADI HIERARCHY PRIMER, SEKUNDER DAN
(JIKA DIPERLUKAN) KEBUTUHAN TERSIER.

4. MEMBANGUN RELATIF PENTINGNYA KEBUTUHAN.

5. MENCERMINKAN PADA HASIL DAN PROSES

  • MEMBANGUN TARGET SPESIFIKASI
SPESIFIKASI PRODUK SARANA YANG TEPAT Uraian APA
PRODUK HARUS DILAKUKAN. BEBERAPA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN SYARAT "PERSYARATAN PRODUK" ATAU
"ENGINEERING KARAKTERISTIK".

PROSES MEMBANGUN SPESIFIKASI TARGET BERISI EMPAT
LANGKAH:

1. SIAPKAN DAFTAR Metrik, MENGGUNAKAN KEBUTUHAN-Metrik MATRIX, IF
PERLU.

2. MENGUMPULKAN INFORMASI BENCHMARKING KOMPETITIF.

3. SET IDEAL DAN DITERIMA marginal NILAI TARGET UNTUK SETIAP METRIC.

4. MENCERMINKAN PADA HASIL DAN PROSES.

  • MEMBANGUN TARGET SPESIFIKASI
>LANGKAH 1: SIAPKAN DAFTAR METRIK

BEBERAPA PEDOMAN HARUS DIPERTIMBANGKAN KETIKA MEMBANGUN DAFTAR 
DARI METRIK:

1. METRIK HARUS LENGKAP.

2. METRIK HARUS TERGANTUNG, TIDAK INDEPENDEN, VARIABEL

3. METRIK HARUS PRAKTIS.

4. BEBERAPA KEBUTUHAN TIDAK MUDAH DITERJEMAHKAN KE KUANTITATIF

5. METRIK HARUS TERMASUK KRITERIA POPULER PERBANDINGAN DI PASAR.

>LANGKAH 2: MENGUMPULKAN KOMPETITIF INFORMASI BENCH MARKING

MENGUMPULKAN BENCH MARKING KOMPETITIF INFORMASI DATA & DAPAT
SANGAT MEMAKAN WAKTU, MELIBATKAN (DI PALING) PEMBELIAN, PENGUJIAN,DISSASSEMBLING, DAN ESTIMASI BIAYA PRODUKSI PALING PRODUK KOMPETITIF PENTING.

>LANGKAH 3: SET IDEAL DAN MARJINAL NILAI TARGET DITERIMA UNTUK SETIAP METRIC

PERTAMA MARGINAL YANG DITERIMA NILAI ADALAH NILAI YANG MEMBUAT PRODUK USAHA YANG LAYAK.
KEDUA DARI TARGET INI ADALAH BERGUNA DALAM MEMANDU TAHAPAN BERIKUTNYA 
KONSEP GENERASI DAN KONSEP PEMILIHAN DAN UNTUK PENYULINGAN
SPESIFIKASI SETELAH PRODUK KONSEP TELAH DIPILIH.

>LANGKAH 4: MENCERMINKAN PADA HASIL DAN PROSES

REFLEKSI SETELAH ITERASI SETIAP MEMBANTU UNTUK MEMASTIKAN BAHWA HASIL YANG
KONSISTEN DENGAN TUJUAN PROYEK.

  • KONSEP SELEKSI

1. SEMUA TIM GUNAKAN METODE BEBERAPA UNTUK MEMILIH KONSEP

- KEPUTUSAN EKSTERNAL
- CHAMPION PRODUK
- INTUISI
- MULTIVOTING

2. METODE KONSEP SELEKSI TERSTRUKTUR PENAWARAN BERIKUT MANFAAT POTENSIAL
- PRODUK PELANGGAN-FOKUS
- Sebuah DESAIN KOMPETITIF
- LEBIH BAIK PRODUK-PROSES KOORDINASI
- MENGURANGI WAKTU UNTUK PRODUK PENDAHULUAN
- GROUP EFEKTIF PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- DOKUMENTASI KEPUTUSAN PROSES

3. ADA DUA-TAHAP SELEKSI KONSEP METODOLOGI:
- KONSEP SCREENING
- KONSEP SKOR

4. KEDUA TAHAPAN, KONSEP PENYARINGAN DAN KONSEP SKOR, TINDAK A SIX-LANGKAH. PROSES YANG MEMIMPIN TIM MELALUI KONSEP PEMILIHAN KEGIATAN.
LANGKAH-LANGKAH ADALAH:

- SIAPKAN PEMILIHAN MATRIX.
- Tingkat KONSEP.
- RANK KONSEP.
- COMBINE DAN MENINGKATKAN KONSEP.
- PILIH SATU ATAU LEBIH KONSEP.
- MENCERMINKAN PADA HASIL DAN PROSES.

  • MENGGUNAKAN DATA ANTOPOMETRI
- Desain untuk ekstrem

- Desain untuk berbagai disesuaikan

- Desain untuk rata-rata


  • Karakteristik Good Design
  1. Sederhana
  2. Murah meriah
  3. Bagian dari proses
  4. Memberikan umpan balik langsung tentang kualitas pekerjaan (koreksi dapat dibuat di tempat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar